Anda sedang di:

SELEKSI BAKTI PEMUDA ANTAR PROVINSI (BPAP) dan JAMBORE PEMUDA INDONESIA (JPI)

Dalam rangka mengembangkan wawasan pemuda agar dapat meningkatkan kreatifitas , perlu direncanakan secara berjenjang dan berkesinambungan , sehingga berbagai potensi pemuda dapat diakomodir untuk lebih dikembangkan.

Potensi tersebut dapat dikembangkan antara lain melalui Bintek dan Bhakti Pemuda antar Pemuda Daerah (Kabupaten/Kota) dalam satu provinsi, dengan tujuan untuk meningkatkan kreatiiftas dan sekaligus membuka wawasan kedaerahan yang tidak terpaku pada budaya lokal (Kabupaten/Kota) diman mereka berminat.

Dengan melakukan proses pembelajaran melalui JPI dan BPAP, merupakan salah satu bentuk penguatan wawasan kebangsaan pemuda dengan memahami berbagai potensi budaya dan kekayaan alam sebagai sumber utama pembangunan nasional.

 Peserta berjumlah : 152 orang peserta yang terdiri dari 76 orang putra dan 76 orang putri dari 38 kabupaten / kota se-Jawa Timur yang berusia 18 s/d 25 Tahun yang berasal dari semua unsur agama, golongan.

Hasil yang diharapkan

  1. Tertanamnya rasa Nasionalisme , rasa Kesatuan, dan Persatuan dalam wadah NKRI
  2. Dengan melalui kegiatan ini diharapkan adanya transformasi nilai budaya, teknologi, keunggulan daerah, pengembangan potensi , wawasan dan kreatifitas menuju kemandirian pemuda.
  3. Menciptakan jaringan informasi dan komunikasi dikalangan peserta.

Mekanisme seleksi Calon Peserta Jambore Pemuda Indonesia Pemuda Indonesia (JPI) dan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP):

  1. Tahap Pertama, Seleksi calon peserta mengikuti tes tertulis dan kelengkapan administrasi
  2. Tahap Kedua, Seleksi calon peserta mengikuti tes wawancara yang meliputi Seni Budaya, Wawasan Kebangsaan, Kesehatan, Kepemimpinan dan kepribadian.


Tahapan berikutnya adalah dari terpilihnya calon peserta Jambore Pemuda Indonesia  dan Bhakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) tahun 2011 berjumlah 24 orang, yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 12 orang perempuan akan menjalani pembekalan   dan dilanjutkan dengan persiapan para peserta untuk dibagi dalam 3 (tiga) daerah tujuan.

Sebelum  para peserta  berangkat ke daerah tujuan , harus mengikuti kegiatan Jambore Pemuda Indonesia  (JPI) ,dimana rangkaian kegiatannaya diantaranya adalah bakti sosial dan duta wisata.

Kontak Kami

Alamat :
Jl. Kayoon 56, Surabaya

Telp :
(031) 534 5507

Fax :

(031) 534 5508

Email :
dispora@jatimprov.go.id