Anda sedang di:

PEKAN OLAHRAGA PELAJAR TINGKAT NASIONAL (POPNAS) XI TAHUN 2011

Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Nasional (POPNAS) adalah kejuaraan multi even dikalangan pelajar yang berlangsung 2 tahunan, pada Tahun 2011 ini adalah yang kesebelas kalinya diselenggarakan oleh Kantor Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang berlangsung tanggal 29 September s/d 6 Oktober 2011.

Pada POPNAS 2011 cabang olahraga yang dipertandingkan adalah 18 cabang olahraga (Atletik, Senam, Renang, Bola Voli, Bola Basket, Sepakbola, Sepak takraw, Tenis meja, Tenis lapangan, Panahan, Bulutangkis, Gulat, Judo, Tae Kwon Do, Pencak silat, Dayung, Angkat Besi, dan Voli Pasir) serta 1 cabang olahraga eksibisi (tinju). Jawa Timur memberangkatkan kontingennya sebanyak 354 orang atlet dan official untuk seluruh cabang olahraga, sebagai bahan informasi Jawa Timur  Juara Umum 4 kali berturut-turut mulai POPNAS Tahun 2005 di Medan, 2007 di Samarinda,  2009 di Yogyakarta dan  2011 di Riau.

Rekrutmen atlet dan pelatih dilaksanakan koordinasi dengan Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang olahraga yang dipertandingkan pada POPNAS, Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) serta Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar daerah (PPLPD) serta Klub olahraga prestasi yang memiliki prestasi binaan Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur yang memiliki potensi meraih medali emas pada even olahraga pelajar tingkat nasional. Sedang atlet yang dipersiapkan merupakan Juara Pada Pekan Olahraga Pelajar daerah (POPDA) yang dipadukan dengan seluruh potensi yang dimiliki oleh Jawa Timur. Setelah rekrutmen atlet dan pelatih peserta POPNAS XI Tahun 2011, langkah yang dilakukan pada awal Tahun 2011 adalah pemusatan latihan yang diselenggarakan pada masing-masing cabang olahraga, diberbagai tempat sentra pembinaan cabang olahraga.

Sebelum berangkat ke Riau, seluruh atlet Jawa Timur diberikan pembekalan maupun motivasi, agar dalam bertanding di even olahraga pelajar nasional dapat maksimal mencapai prestasi olahraganya. Pembekalan dilaksanakan di Asrama Haji Surabaya Jl. Sukolilo, dengan diawali Laporan Ketua Panitia menyampaikan cabang olahraga yang diikuti yaitu 19 cabang olahraga termasuk eksibisi, dilanjutkan dengan Pengarahan Bapak Gubernur Jawa Timur yang diwakili oleh Bapak Asisten Kesejahteraan Masyarakat SETDAPROV. Jawa Timur Dr. EDI PURWINARTO, M.Si dalam sambutannya disampaikan beberapa hal antara lain :

  1. Harapan untuk mempertahankan kembali prestasi Juara Umum ke empat pada POPNAS XI Tahun 2011, dengan target 22 % dari 233 emas medali yang diperebutkan yaitu sebanyak 50 medali emas.
  2. Kepada Ketua Panitia agar memiliki komitmen bersama dalam meraih juara umum dengan diberikan target medali yang harus diperoleh, dan harus dievaluasi apakah perolehan medali mencapai target, atau melebihi target.
  3. Bersikap santun dalam bertanding dan dalam menyampaikan protes, sehingga Jawa Timur dapat dijadikan tolok ukur kontingen yang santun dan menjunjung tinggi sportivitas.

Pelaksanaan pertandingan 19 cabang olahraga di Riau, berada diberbagai tempat yang tersebar di berbagai daerah antara lain :

  1. Bulutangkis di Gelanggang Remaja
  2. Pencak silat di Gedung Juang 45
  3. Tae Kwon Do di GOR Bandara Sultan Sarif Kasim
  4. Gulat di Aula Hotel Ratu Mayang
  5. Angkat Besi di Aula Hotel Ratu Mayang
  6. Atletik di Stadion Atletik Rumbai
  7. Renang di Kolam renang Rumbai
  8. Senam di GOR Senam Rumbai
  9. Bola Voli di GOR Bola Voli Rumbai
  10. Bola Basket di GOR Tri Buana
  11. Sepakbola di Lapangan Sepakbola Univ. Islam Riau
  12. Tenis lapangan di Lapangan KOREM 031 WB
  13. Tenis meja di Gedung PKM UIN
  14. Panahan di Lapangan SKMA
  15. Dayung di Danau Buatan Rumbai
  16. Sepak takraw di SD 002 Rumbai
  17. Judo di Gedung PKM UNRI
  18. Voli Pasir di Lapangan voli pasir Rumbai
  19. Tinju di Mall SKA

Pada POPNAS XI TAhun 2011 terdapat berbagai macam prestasi atau rekor yang diperoleh Jawa Timur antara lain kawin medali emas pada cabang olahraga bola voli, medali emas diperoleh terbanyak pada cabang olahraga renang 15 medali emas, cabang olahraga gulat target medali emas 2 medali emas memperoleh 4 medali emas, panahan terdapat atlet  yang meraih medali emas lebih dari satu, cabang olahraga bola basket putra meraih medali emas pertama kali dalam even POPNAS. Dan target yang dicanangkan 50 medali emas dapat dilaksanakan dengan baik serta meraih juara umum ke empat kalinya dengan perolehan medali 50 emas, 30 perak, 43 perunggu dengan skor 383.

Pencapaian prestasi tertinggi Jawa Timur tidak lepas dari upaya non teknis yang dijalankan oleh Bidang Pengembangan Olahraga Prestasi Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur misalnya pembentukan Tim Monitoring dan IT, Tim ini dibentuk dengan petugas sebanyak cabang olahraga yang dipertandingkan. Tim ini dibentuk terkait dengan perolehan hasil pertandingan, permasalahan yang dihadapai cabang olahraga dengan kata lain Tim monitoring adalah jembatan penghubung antara Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur dengan cabang olahraga.

Pada awal persiapan Tim monitoring membantu Panitia POPNAS Jawa Timur mengumpulkan berkas seperti ijazah, akte kelahiran, Nomor Induk Sekolah sehingga Tim Keabsahan tidak mengalami kendala ketika mendaftarkan atlet POPNAS Jawa Timur dalam memperoleh ID Card. Disamping itu upaya non teknis yang dilakukan adalah memberikan motivasi kepada atlet yang sedang bertanding maupun akan bertanding, karena ketika akan bertanding masih terdapat kendala yang dihadapi misalnya transportasi, konsumsi maupun lainnya sehingga atlet akan turun motivasi dengan adanya Tim ini setiap permasalahan yang ada di cabang olahraga dapat terpantau oleh POSKO Jawa Timur.

Jawa Timur pada POPNAS XI Tahun 2011 dinilai oleh kontingen lain maupun tuan rumah menjadi Tim yang paling solid dalam memberikan informasi perolehan medali, karena setiap cabang olahraga yang dipertandingkan selalu dipantau oleh petugas Tim Monitoring dan dilaporkan kepada POSKO Jawa Timur sebagai pengendali Sekretariat.

Perolehan medali 5 besar pada
Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Nasional (POPNAS) XI Tahun 2011

NO NAMA PROVINSI PEROLEHAN SCORE JML
EMS PRK PRG EMS PRK PRG
1 Jawa Timur 50 30 43 250 90 43 383
2 Jawa Barat 26 36 51 130 108 51 289
3 DKI Jakarta 32 30 28 160 90 28 278
4 Riau 30 26 22 150 78 22 250
5 Jawa Tengah 23 27 31 115 81 31 227

Kendala yang dihadapi oleh kontingen Jawa Timur pada pelaksanaan POPNAS XI Tahun 2011 adalah masalah transportasi yang disediakan oleh Panitia Pelaksana POPNAS, karena jumlah kendaraan dan atlet serta official yang menggunakan tidak seimbang sehingga seringkali terjadi keterlambatan dalam melaksanakan pertandingan, termasuk juga konsumsi yang disediakan terjadi miss komunikasi antara Panitia Konsumsi dengan Bidang Pertandingan sehingga atlet yang bertanding di lapangan seringkali menunggu datangnya konsumsi pada saat istirahat pertandingan, demikian juga dengan masalah air untuk kebutuhan sehari-hari, air yang dipergunakan untuk mandi berwarna kuning dan keruh sehingga tidak higienis untuk dipergunakan, ketidaklayakan ini seharusnya menjadi perhatian Panitia Pelaksana termasuk air di toilet tempat pertandingan yan menurut rencana dipergunakan sebagai Stadion Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2012, akan tetapi permasalahan tersebut di atas dapat kita antisipasi dengan cara menyewa angkutan umum atau kendaraan roda 4 lainnya untuk mengangkut atlet, sedang untuk konsumsi Tim Monitoring bersama komandan kontingen selalu mengunjungi setiap pertandingan dengan membawa buah, makanan maupun minuman energi menambah extra fooding untuk setiap cabang olahraga. Untuk meningkatkan motivasi atlet saat bertanding Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur berkoordinasi dengan Biro Kesejahteraan Masyarakat SETDAPROV. JAWA TIMUR bersama-sama dengan Bapak Asisten Kesejahteraan Masyarakat mengunjungi satu persatu tempat pertandingan dan memberikan semangat atau motivasi agar atlet Jawa Timur menunjukkan prestasi tertingginya, dan kepada setiap peraih medali emas diberikan stimulus seratus ribu rupiah dihadapan atlet yang lain, sehingga atlet yang belum meraih medali akan termotivasi untuk meraih stimulus tersebut. Perolehan medali seharusnya diinformasikan oleh Panitia Besar POPNAS Pusat sehingga masing-masing kontingen dapat mengetahui perolehan medali setiap atletnya, akan tetapi media massa local seringkali tidak mendapat informasi tentang hasil pertandingan, hal ini sudah diantisipasi oleh Panitia POPNAS Jawa Timur dengan cara melaporkan hasil pertandingan setiap cabang olahraga kepada POSKO Jawa Timur yang diolah menjadi perolehan medali sementara dan diinformasikan setiap hari perkembangannya termasuk jadwal pertandingan.

JUMLAH MEDALI YANG DIPEROLEH JATIM PER CABOR POPNAS XI RIAU 2011:

NO CABANG OLAHRAGA MEDALI
EMS PRK PRG
1 ATLETIK 7 3 4
2 RENANG 15 5 7
3 SENAM 6 4 1
4 BULU TANGKIS - 2 4
5 SEPAK TAKRAW 1 1 2
6 TENIS LAPANGAN - 2 4
7 BOLA BASKET 1 - -
8 BOLA VOLI 2 - -
9 SEPAK BOLA - - 1
10 TENIS MEJA 3 1 1
11 PANAHAN 7 5 3
12 PENCAK SILAT 1 3 3
13 DAYUNG 1 1 1
14 GULAT 4 1 3
15 JUDO 2 - 4
16 ANGKAT BESI - - 1
17 VOLI PASIR - 2 -
18 TAE KWONDO - - 3
19 TINJU 1 1 2
  JUMLAH 50 30 43

Kontak Kami

Alamat :
Jl. Kayoon 56, Surabaya

Telp :
(031) 534 5507

Fax :

(031) 534 5508

Email :
dispora@jatimprov.go.id