Anda sedang di:

PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA BAGI GURU OLAHRAGA SMA SE JAWA TIMUR TAHUN 2011

Dalam pengembangan olahraga prestasi diperlukan keterlibatan semua pihak, mulai dari atlet, pelatih, organisasi olahraga, Pemerintah Daerah serta unsur-unsur lainnya. Untuk pembinaan olahraga di kalangan sekolah guru olahraga memegang peranan penting untuk memberikan materi dasar untuk muridnya pada jam olahraga mulai dari pencegahan cidera sampai penanganan cidera dengan harapan murid yang berprestasi olahraga dapat tetap berprestasi tanpa adanya cidera yang di alami saat berolahraga. Guru olahraga adalah ujung tombak pembinaan prestasi olahraga di kalangan sekolah yang masuk dalam intra kurikuler sekolah, mengingat guru berhadapan langsung dengan murid –muridnya dalam memberikan materi olahraga, pemikiran atau ide untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia guru olahraga merupakan ide yang smart agar dalam melaksanakan tugasnya guru olahraga memiliki wawasan yang luas sehingga dapat mempersiapkan muridnya berprestasi olahraga.

Bidang Pengembangan Olahraga Prestasi dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya memiliki Seksi SDM dan IPTEK, pada Tahun 2011 ini menyelenggarakan pelatihan peningkatan kualitas guru olahraga SMA se Jawa Timur di Hotel Victory, Kota Batu pada tanggal 7 s/d 11 Februari 2011. Pada peningkatan kualitas SDM Guru Olahraga SMA ini diberikan materi Kebijakan Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur, Pengetahuan tentang Usaha Kesehatan Sekolah, Manajemen Penyelenggaraan Pertandingan, Persiapan Pertandingan.

Materi Kebijakan Dinas kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur diberikan dengan harapan memberikan gambaran program yang dijalankan oleh SKPD yang membidangi olahraga, dimana salah satu programnya adalah menggali potensi atlet berprestasi olahraga di kalangan sekolah dengan membuat klub olahraga sekolah. Klub olahraga sekolah memiliki peranan penting mengingat atlet pelajar Jawa Timur mayoritas berada di lingkungan sekolah, sehingga dengan memiliki klub olahraga sekolah nantinya akan diadakan kejuaraan olahraga antar sekolah pada Kabupaten/Kota dan selanjutnya berkelanjutan  dan berkesinambungan sampai tingkat nasional.

Materi UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah diberikan kepada Guru Olahraga dengan harapan dapat mencegah atau meminimalisir cidera olahraga yang dialami oleh murid pada saat berolahraga, karena gerakan-gerakan dalam berolahraga apabila dilakukan tidak dengan instruksi oleh guru olahraga dikhawatirkan dapat menyebabkan cidera olahraga yang dapat menghambat pertumbuhan murid maupun upaya murid untuk berprestasi olahraga. Pemikiran seperti inilah yang  mendasari materi UKS sangat penting diberikan kepada Guru Olahraga untuk meningkatkan wawasan, dalam menangani cidera olahraga.

Untuk Manajemen Penyelenggaraan Pertandingan, diberikan kepada Guru Olahraga dengan harapan nantinya apabila Kabupaten/Kota menyelenggarakan even kejuaraan pelajar antar sekolah atau even pelajar lainnya Guru Olahraga dapat berpartisipasi menjadi panitia pelaksana.

Kontak Kami

Alamat :
Jl. Kayoon 56, Surabaya

Telp :
(031) 534 5507

Fax :

(031) 534 5508

Email :
dispora@jatimprov.go.id