Visi, Misi dan Tujuan Dispora 2014-2019

Bertitik tolak dari berbagai kondisi nyata dimasyarakat dan arah pembangunan yang harus dilaksanakan oleh Propinsi Jawa Timur, yang tertuang didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Pemerintah Provinsi Jawa Timur periode 2015-2019, maka dibutuhkan solusi-solusi strategis yang dirumuskan dari berbagai urusan pembangunan yang harus dijalankan untuk mengatasi berbagai permasalahan pembanguna daerah di Jawa Timur selama kurun waktu 5 (lima) tahun tersebut. Untuk dapat merangkai perencanaan yang tersusun dalam Rencana Strategis (Renstra) Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur, maka perlu adanya penelaahan yang cermat terhadap Visi dan Misi yang telah ditetapkan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih, untuk kemudian diadopsi serta dirangkum hingga menjadi rumusan yang akan digunakan sebagai latarbelakang dan acuan dalam menyusun bagan-bagan program kegiatan dan merumuskan perencanaan didalam Renstra Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur Tahun 2014 – 2019.

Salah satu bentuk dukungan Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur dalam mensukseskan pelaksanaan pembangunan yang telah dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, adalah dengan membuat suatu rancangan program kegiatan dalam perencanaan pembangunan yang berpedoman pada RPJMD Provinsi Jawa Timur, dimana perencanaan itu selanjutnya disusun dalam Renstra Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur.

Adapun Visi Pembangunan Jawa Timur yang ada didalam RPJMD 2014 – 2019 adalah: Jawa Timur Lebih Sejahtera, Berkeadilan, Mandiri, Berdaya Saing dan Berakhlak.

Adanya benang merah yang mengkaitkan dan mengidentifikasi adanya dukungan terhadap Visi Pembangunan Jawa Timur, maka Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur melakukan perumusan Visi dengan memperhatikan dan mempertimbangkan esensi dari Visi Pembangunan Jawa Timur.

Dalam hal ini, Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur yang memiliki tugas dan fungsi dalam urusan kepemudaan dan keolahragaan, untuk turut-serta dalam mewujudkan cita-cita para pemangku kepentingan didalam Pemerintahan Provinsi Jawa Timur dan harapan masyarakat Jawa Timur pada umumnya, sehingga mampu menjadi salah satu bagian penting dalam suksesnya pencapaian Visi dan Misi Provinsi Jawa Timur yang telah dirumuskan didalam RPJMD Pemerintah Jawa Timur Tahun 2015 – 2019.

Bertitik tolak dari perihal diatas, setelah melalui berbagai proses pertimbangan maka ditetapkanlah Visi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur, sebagai berikut:

Terwujudnya Pemuda  dan Olahragawan yang berkarakter, berdaya saing dan berprestasi

Perumusan Visi tersebut didasarkan pada mengemukanya permasalahan dimasyarakat yang dituangkan dalam urusan permasalahan pembangunan daerah, sehingga membutuhkan keterlibatan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur untuk berperan dalam penanganan dan penyelesaian permasalahan tersebut sesuai Tupoksinya, dengan strategi-strategi yang disusun berdasarkan isu-isu yang sedang berkembang dimasyarakat.

Adanya Keterkaitan dan berkesinambungannya antara Visi Pembangunan Jawa Timur dengan Visi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur dapat dilihat pada tabel berikut:

Perbandingan Visi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur dengan Visi Pembangunan Jawa Timur (RPJMD)

Visi Pembangunan Jawa Timur Visi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur
Jawa Timur Lebih Sejahtera, Berkeadilan, Mandiri, Berdaya Saing dan Berakhlak Terwujudnya Pemuda  dan Olahragawan yang berkarakter, berdaya saing dan berprestasi

 

Benang merah yang mengaitkan kedua Visi tersebut terletak pada adanya upaya untuk menciptakan Pemuda yang berkarakter dan berdaya saing dimasyarakat ditengah berkembangnya isu-isu, baik yang berlatar belakang Internasional, Regional maupun Nasional.

Pemuda berkarakter adalah Pemuda yang memiliki kejujuran, kepedulian, akhlakul karimah, memiliki visi masa depan, berkomitmen untuk memajukan bangsa, ketekunan, mampu bekerjasama, pantang menyerah dan memiliki wawasan serta pengetahuan yang luas. Pemuda berdaya saing adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreatifitas yang tinggi dan pemuda yang mampu berpikir positif yang senantiasa terus berorientasi pada kejayaan bangsanya demi keunggulan dan kegemilangan masa depan. Pemuda mandiri adalah pemuda memungkinkan untuk bertindak bebas, melakukan sesuatu atas dorongan sendiri dan untuk kebutuhannya sendiri tanpa bantuan dari orang lain, maupun berpikir dan bertindak original/kreatif, dan penuh inisiatif, mampu mempengaruhi lingkungan, mempunyai rasa percaya diri dan memperoleh kepuasan dari usahanya.

Olahragawa yang berprestasi. Olahraga merupakan suatu kegiatan jasmani yang dilakukan dengan maksud untuk memelihara kesehatan dan memperkuat otot-otot tubuh. Kegiatan ini dalam perkembangannya dapat dilakukan sebagai kegiatan yang menghibur, menyenangkan, atau juga dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi. Olahraga merupakan kebutuhan vital dalam kehidupan manusia. Olahraga yang dilakukan secara konsisten akan memberikan manfaat berupa kesehatan dan kebugaran yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu, budaya olahraga penting karena manfaat dan dampaknya bagi individu. Kegiataan pemassalan olahraga menjadi sarana untuk menumbuhkan budaya olahraga.B udaya olahraga yang tinggi ditandai dengan tingkat partisipasi warga masyarakat untuk beraktivitas olahraga yang tinggi dan massal. Dengan budaya olahraga yang tinggi maka olahraga menjadi gaya hidup yang sehat masyarakat Indonesia. Prestasi olahraga yang selalu memperoleh jumlah medali emas yang banyak dalam setiap single maupun multi event olahraga di tingkat regional dan internasional. Kemajuan olahraga prestasi dapat dilihat dari sistem pembinaannya yang berkelas dunia sehingga keunggulan dalam prestasi olahraga merupakan pencapaian dari tujuan pembangunan keolahragaan nasional dan sekaligus dapat mengangkat harkat serta martabat bangsa di pergaulan.

Berikut ini adalah Perwujudan Visi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur:

  1. Menjadi Pemuda yang berkarakter
  2. Menjadi Pemuda yang berdaya saing
  3. Menjadi atlet yang berprestasi

Misi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur dirumuskan sebagai sesuatu yang jelas dan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi. Misi juga terkait dengan kewenangan yang dimiliki Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur dan peraturan perundangan atau kemampuan penguasaan teknologi sesuai dengan strategi yang telah dipilih. Perumusan misi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur dilakukan dengan memperhatikan masukan pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders), dan memberikan peluang untuk perubahan/penyesuaian sesuai dengan tuntutan perkembangan lingkungan strategik. Rumusan misi dimaksudkan untuk mampu: (a) melingkup semua pesan yang terdapat dalam visi; (b) memberikan petunjuk terhadap tujuan yang akan dicapai; (c) memberikan petunjuk kelompok sasaran mana yang akan dilayani oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga; dan (d) memperhitungkan berbagai masukan dan stakeholders.

Dalam RPJMD yang disusun oleh tim perumus dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur terdapat 5 Misi Pembangunan Jawa Timur. Adapun 5 Misi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Misi ke-1: Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat yang Berkeadilan.
  2. Misi ke-2: Meningkatkan Pembangunan Ekonomi yang Inklusif, Mandiri dan Berdaya Saing, Berbasis Agrobisnis/Agroindustri dan Industrialisasi.
  3. Misi ke-3: Meningkatkan Pembangunan yang berkelanjutan dan Penataan Ruang.
  4. Misi ke-4: Meningkatkan Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik.
  5. Misi ke-5: Meningkatkan Kesalehan Sosial dan Harmoni Sosial.

Berpedoman pada Misi ke-1 Pembangunan Jawa Timur diatas dan Visi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur, maka dirumuskanlah Misi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur dalam suatu dokumen perencanaan. Rumusan Misi menjadi penting untuk memberikan kerangka bagi Tujuan dan Sasaran Pembangunan yang ingin dicapai dan menentukan program kegiatan yang akan ditempuh untuk mencapai Visi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur.

Proses perumusan Misi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur disusun menggunakan tabel berikut ini:

Tabel 4.1.5

Perumusan Misi

Visi Pokok – pokok Visi Misi  
 
Terwujudnya Pemuda  dan Olahragawan yang berkarakter, berdaya saing dan berprestasi Berkarakter Mewujudkan pelayanan kepemudaan untuk penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan Kewirausahaandan Kepeloporan  
Berdaya saing  
Berprestasi Mewujudkan tatakelola keolahragaan secara sistematis, terpadu, berjenjang, berkelanjutan dan berbasis IPTEK  

 

Dari hasil perumusan diatas, maka ditarik suatu kesimpulan untuk Misi-Misi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur sebagai berikut:

  1. Misi ke-1: Mewujudkan pelayanan kepemudaan untuk penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan Kewirausahaan dan Kepeloporan.
  1. Misi ke-2: Mewujudkan tatakelola keolahragaan secara sistematis, terpadu, berjenjang, berkelanjutan dan berbasis IPTEK.

Proses Perumusan Misi yang disajikan dalam tabel diatas memberikan gambaran jelas mengenai hubungan antara Visi dan Misi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur . Adanya hubungan yang erat dan saling terkait antar Visi dan Misi akan menajdi langkah awal yang baik dalam pelaksanaan kebijakan pembangunan dan pencapaian target, serta memberikan gambaran yang lebih konkrit terhadap perumusan Tujuan, Sasaran, Strategi dan Arah Kebijakan Dispora Provinsi Jawa Timur dalam melaksanakan Tupoksinya. Disamping itu Misi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur akan mampu untuk mendukung Misi Pembangunan Jawa Timur, dimana Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur masuk dalam Misi ke-1 dari Misi Pebangunan Jawa Timur, yaitu: Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat yang Berkeadilan.

Perbandingan Misi Dinas Kepemudaan dan Olahraga dengan Misi ke-1 Pembangunan Jawa Timur (RPJMD)

Misi ke-1

Pembangunan Jawa Timur

Misi

Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur

Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat yang Berkeadilan Mewujudkan pelayanan kepemudaan untuk penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan Kewirausahaandan Kepeloporan
Mewujudkan tatakelola keolahragaan secara sistematis, terpadu, berjenjang, berkelanjutan dan berbasis IPTEK

Dalam penjelasan Misi Pembangunan Jawa Timur diatas, pemerintah Jawa Timur berupaya untuk mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan bagi semua, melalui peningkatan perluasan lapangan kerja, dan peningkatan pemenuhan serta pemerataan layanan dasar, dengan memperluas akses masyarakat terhadap pendidikan yang bermutu, dan perluasan akses terhadap pelayanan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, serta percepatan dan perluasan penanggulangan kemiskinan.

Untuk menyikapi uraian tersebut, maka sesuai Tupoksinya, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur berupaya untuk menyelaraskan Misinya agar mampu mencerminkan Misi Pembangunan Jawa Timur.Maksud yang tertuang didalam Misi Pembangunan Jawa Timur tersebut diupayakan untuk dapat diterjemahkan kedalam Misi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur. Untuk mewujudkan masyarakat sejahtera yang berkeadilan, maka Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur melalui pembinaan dan pengembangan bidang kepemudaan melaksanakan beberapa langkah yang strategis untuk dapat mewujudkan pemuda dan olahragawan yang berkarakter, berdaya saing dan berprestasi.