Anda sedang di: AGENDA KEGIATAN Bidang Pengembangan Aktivitas Pemuda

PASKIBRAKA

Dalam rangka meningkatkan peran serta pemuda dalam kehidupan bermasyarakat bahwa pemuda sudah saatnya untuk disadarkan, diberdayakan serta dikembangkan.  Salah satu kegiatan kepemudaan tersebut adalah menjadi angota paskibraka , PASKIBRAKA merupakan komponen penting bagi pelaksanaan upacara peringatan detik – detik proklamasi kemerdekaan khususnya yang akan diselenggarakan di halaman gedung negara grahadi pada setiap tanggal 17 Agustus. Sebagai bagian dari proses persiapan tersebut, Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur telah melakukan seleksi calon peserta PASKIBRAKA dari siswa –siswi SLTA 37 Kab/Kota se Jawa Timur , yang selanjutnya memilih 1 orang putra dan 1 orang putri untuk dikirim ke tingkat nasional  dan 74 ( putra dan putri ) yang akan dilatih menjadi pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) provinsi jawa timur.

Calon peserta paskibraka yang telah terpilih untuk mewakili masing – masing Kabupaten / Kota se Jawa Timur. Dilatih  untuk mempersiapkan hal –hal yang bersifat teknis, seperti baris berbaris, formasi barisan, manuver barisan, melipat serta mengibarkan bendera dan sebagainya, tujuan dari kegiatan ini antara lain :

  1. Sebagai media untuk menanamkan wawasan kebangsaan, nilai – nilai luhur patriotisme yang menjadi faktor signifikan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
  2. Membangun tradisi dan perilaku yang positif bagi pelajar. Karena kegiatan PASKIBRAKA mengisyaratkan pentingnya kedisiplinan, ketegasan, kecerdasan dan kebersamaan.
  3. Menumbuhkan semangat kemerdekaan bagi generasi muda dan menanamkan nilai – nilai sosial, agar mampu menanamkan sikap dan perilaku yang menyimpang dari kehidupan masyarakat yang semestinya.

Pada tahun 2011  , perwakilan dari jawa timur untuk paskibraka tingkat nasional adalah :

  1. QIVA CHANDRA M dari SMAN 1 Kota Blitar
  2. TIARA CHARISSA HARAHAP  dari SMA TRIMURTI Surabaya

Persyaratan Paskibraka :

- SMA (sederajat) usia 16 s.d. 18 Tahun.

- Tingi badan 170 - 180 cm (putra) dan 165 - 175 cm (putri).

- Berat badan ideal dengan tinggi badan.

- Berkepribadian & berakhlak mulia.

- berbadan tegap & tidak cacat, serta sehat jasmani & rohani.

- Belum pernah menjadi anggota PASKIBRAKA tingkat Nasional & Regional.

- Aktif berbahasa inggris.

- Menguasai seni dan budaya daerah asal.

- Putra daerah asli (sesuai KTP).

- Aktif di organisasi sekolah atau kemasyarakatan.

- Lulus seleksi tingkat Kab/Kota.

 

Kontak Kami

Alamat :
Jl. Kayoon 56, Surabaya

Telp :
(031) 534 5507

Fax :

(031) 534 5508

Email :
dispora@jatimprov.go.id