Anda sedang di:

PENATAAN MANAJEMEN ORGANISASI OLAHRAGATAHUN 2011

Dalam pengembangan olahraga prestasi diperlukan keterlibatan semua pihak, mulai dari atlet, pelatih, organisasi olahraga, Pemerintah Daerah serta unsur-unsur lainnya. Organisasi Olahraga memegang posisi strategis dalam mengembangkan prestasi olahraga melalui program kerja yang disusun dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi selama 1 tahun.

Mengapa peran organisasi olahraga atau Pengurus organisasi olahraga dikatakan penting? Karena program kerja yang disusun akan mempengaruhi prestasi yang dicapai oleh atlet dan pelatih. Untuk  meraih prestasi tertinggi tidak hanya atlet dan pelatih saja yang berperan, akan tetapi peran Pengurus Cabang Olahraga karena dalam meraih prestasi tidak begitu saja diperoleh, tetapi dengan rencana yang tersusun, terarah dan berkesinambungan, gizi yang baik, sarana dan prasarana latihan yang memadai didukung IPTEK OLahraga yang mumpuni, semua itu dipersiapkan oleh Pengurus cabang Olahraga dalam suatu rangkaian yaitu Program Kerja Cabang Olahraga. Dari pemikiran tersebut maka diperlukan pembinaan atau penataan organisasi olahraga khsusnya cabang olahraga prestasi.

Kantor Menteri Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Penataan Manajemen Organisasi Olahraga di Jawa Timur dengan peserta sebanyak 50 orang berasal dari kONI Jawa Timur dan Pengurus Provinsi Cabang Olahraga yang ada di Jawa Timur. Penataan manajemen ini dilaksanakan tanggal 13 Juli 2011 di Hotel Sahid Surabaya.

Memberikan wawasan manajemen olahraga di kalangan Pengurus Cabang Olahraga Prestasi Jawa Timur ini merupakan ide yang smart agar dalam melaksanakan tugasnya Pengurus cabang Olahraga memiliki wawasan yang luas tentang perencanaan baik Program kerja maupun pengelolaan keuangan serta Sport Science sehingga dapat mempersiapkan atlet dan pelatihnya berprestasi olahraga. Hal ini juga selaras dengan Program Kerja Bidang Pengembangan Olahraga Prestasi dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya melalui Seksi SDM dan IPTEK Olahraga ini menyelenggarakan Penataan manajemen Organisasi Olahraga.

Upacara  Pembukaan  kegiatan  ini  dilaksanakan  pukul  09.00  oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Bapak Drs. SAIFULLAH YUSUF, sebelumnya diawali dengan Laporan Ketua Panitia Bp. Drs. WASHINTON yang menyampaikan pentingnya.

 

Penataan Manajemen Organisasi Olahraga dan kegiatan seperti ini dilaksanakan di beberapa Provinsi di Indonesia, juga disampaikan laporan peserta yang mengikuti sebanyak 50 orang dengan rincian 42 orang dari Pengurus Provinsi Cabang Olahraga di Jawa Timur dan 8 orang dari KONI Jawa Timur. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur, Wakil Sekretaris Jendral KONI Pusat dan Kepala LITBANG KONI Pusat serta beberapa pejabat dari KEMENPORA RI dan DISPORA JAWA TIMUR.

Setelah Laporan Ketua Panitia selesai, dilanjutkan dengan Sambutan Wakil Gubernur Jawa Timur sekaligus membuka acara ini secara resmi, pada sambutan kali ini disampaikan beberapa hal antara lain :

  1. Pentingnya Penataan Manajemen Organisasi Olahraga, mengingat keberhasilan prestasi olahraga tidak hanya ditentukan oleh atlet dan pelatih saja akan tetapi juga faktor non teknis yaitu Organisasi Olahraga yang sehat dengan Program Kerja yang jelas dan transparan.
  2. Pengelolaan keuangan yang terencana dan berkesinambungan, dengan harapan masalah pendanaan tidak menjadi kendala pembinaan prestasi.
  3. Pentingnya Sport Science dalam mengembangkan kemampuan atlet dan peningkatan wawasan pelatih akan fungsi tehnoligi informasi.

Materi yang disampaikan pada Penataan Manajemen Organisasi Olahraga adalah Transparansi dan Akuntabilitas Tata Kelola Administrasi dan Penggunaan APBN dan APBD menuju organisasi olahraga yang profesional dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Jawa Timur yang disampaikan oleh Dra. Ec RAHMA YABBAR, MM, Eksistensi dan Dukungan Organisasi dalam meningkatkan Prestasi Olahraga Daerah menuju Tingkat Nasional dari KONI Jawa Timur oleh Dr. Ir. ALISJAHBANA, diakhir sesi disampaikan Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan Organisasi dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga Nasional oleh Deputi IV KEMENPORA RI Prof. Dr. DJOKO PEKIK IRIANTO, M.Kes, AIFO.

 

 

Pada pukul 19.00 Wib acara ditutup secara resmi oleh Deputi IV KEMENPORA RI Prof. Dr. DJOKO PEKIK IRIANTO, M.Kes, AIFO dalam sambutan penutupan beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dan harapan kepada seluruh peserta untuk mengembangkan wawasan yang telah diterima untuk kemajuan organisasi olahraganya masing-masing.

 

 

 

 

 

 

 

Penataan Manajemen Organisasi Olahraga dan kegiatan seperti ini dilaksanakan di beberapa Provinsi di Indonesia, juga disampaikan laporan peserta yang mengikuti sebanyak 50 orang dengan rincian 42 orang dari Pengurus Provinsi Cabang Olahraga di Jawa Timur dan 8 orang dari KONI Jawa Timur. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur, Wakil Sekretaris Jendral KONI Pusat dan Kepala LITBANG KONI Pusat serta beberapa pejabat dari KEMENPORA RI dan DISPORA JAWA TIMUR

Kontak Kami

Alamat :
Jl. Kayoon 56, Surabaya

Telp :
(031) 534 5507

Fax :

(031) 534 5508

Email :
dispora@jatimprov.go.id